CONTOH SURAT PEMESANAN BARANG DAN CARA MEMBUATNYA

Contoh Surat Pemesanan Barang - Dengan perkembangan jaman yang semakin serba instan ini seakan melupakan kita pada hal hal yang dulunya sangat susah di lakukan menjadi serba instan dan mudah. Seperti halnya dengan menulis sebuah surat, contohnya surat pesanan barang. Pemesanan barang sudah sangat muda di lakukan di jaman serba teknologi saat ini, bisa melalui webstore atau menghubungi sebuat produsen dengan menggunakan email, chat, dan lain sebagainya.

contoh dan cara membuat surat pesanan, surat pemesanan barang

Tapi meskipun demikian masih banyak yang menggunakan cara lama seperti menggunakan surat pesanan yang akan kita bahas dalam postingan hangat kali ini. Dengan menggunakan surat akan jauh berbeda rasanya jika di bandingkan dengan memesan melalui pesan singkat atau melalui email.

Baca Juga : CONTOH PEMBUATAN SURAT EDARAN YANG BERSIFAT UMUM

Dengan surat pesanan terasa jelas bagi si penjual dan akan meyakinkan si penjual akan pesanan yang kita mau. Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini banyak sekali penipuan yang di lakukan orang melalui media online, pemesanan prank, dan lainya. Sehingga jika seseorang mengginakan media chat, email untuk memesan barang si penjual ngak akan muda percaya.

Nah maka dari itu mari kita belajar membuat surat pesanan kita sendiri, caranya mudah ko. Tapi sebelumnya simak dulu penjelasan-penjelasan berikut ini.

Pengertian Surat Pesanan
Surat pesanan yaitu surat yang berisi pemesanan. Pesanan di sini bisah apa pun seperti pesanan barang atau jasa. Surat pesanan ini biasanya di buat karna adanya kebutuhan pemesanan/pembelian barang ke suatu istansi atau produsen tertentu.

Selain itu surat pesanan juga di buat karna adanya iklan yang yang di temui baik itu di surat kabar harian, majalah, media Tv, online atau sebagainya. Surat ini juga bisa di buat karna adanya inisiatif sendiri dan minat akan membeli suatu barang di suatu toko tanpa adanya pemberitahun dari media apapun karna sudah mengetahui keberadaan dan kualitas barang di suatu toko/atau penjul.

Tujuan Surat Pesanan
Hampir sama dengan pengertian surat pesanan itu sendiri, surat ini bertujuan untuk memesan suatu barang atau produk yang berupa barang atau jasa. Misalnya untuk memesan barang, ada banyak jenis barang yang bisa kita pesan melalui media surat ini Contohnya Barang elektronik, alat perkantoran seperti kursi meja, alat industri seperti mesin jahit, mesin kopi dan lainya.

Sebelum membuat atau memulai membuat surat pesanan ada beberapa poin atau hal yang perlu di perhatikan. Hal ini bisa di katakan sangat penting dalam unsur-unsur pembuatan surat, selain untuk melangkapi tetapi juga untuk memperjelas arah dan tujuan surat pesanan yang anda buat. Berikut Poin-poinya:
  1. Dalam surat pesanan yang kita buat haruslah ada identitas diri kita sebagai pemohon.
  2. Dalam surat pesanan juga harus mencantumkanjenis barang yang akan di pesan, berapa jumlahnya, jika brang tersebut memiliki ukuran sebutkan spesifikasi atau ukuran yang anda inginkan.
  3. Tujuan tempat kita memesan barang.
Itulah tiga poin yang seharusnya ada ketika kita membuat suatu surat pesanan. Kelangkapan isi surat juga sangat berpengaruh dalam penanggapan surat yang kita kirim nantinya, dengan lengkapnya cara kita membuatnya akan memudahkan mereka yang menerima dan menentukan barang yang kita minta.

Selain itu berikut hal-hal yang sekiranya perlu di cantumkan dalam pembuatan surat kita nantinya. Ini fungsinya tidak terlalu penting tapi alangkah baiknya jika di lengkapi dengan beberapa pin berikut ini:
  1. Menyebutkan asal dari mana kita mengetahui keberadaan penjual barang yang kita tuju.
  2. Menyebutkan jenis brang yang di minta, merek, jumlah, dan lainya. Dalam hal ini di buat dalam sebuah daftar agar terlihat rapi, selain itu pihak penerima juga tidak kebingunan dan di mudahkan menentukan barang yang kita minta.
  3. Menyebutkan cara pengiriman yang akan menyasar alamat kita. Hal ini penting menurus saya karna proses pengiriman ini tidak boleh salah, Misalnya jika si penjual mengirim dengan menggunakan jasa pengiriman JNE tapi pengiriman Jne tidak dapat menjangkau alamat kita, itu akan membuat kerusuhan tersendiri. Jadi sejak membuat suratnya jangan lupa tentukan dulu melalui apa harusnya mengirim.
  4. Sebutkan Cara pembayaran. Seperti halnya dengan pengiriman, agar di mudahkan dalam pembayaranya lebi baik menggunakan media transfer aja.
Jenis-Jenis Surat Pesanan
Berbicara dengan jenis, tentu akan banyak jenis jika di jabarkan akan tidak habis sampai sore lagi. Berikut ini beberapa contoh atau jenis surat pemesanan.:

* Surat Pesanan Barang Elektronik
Pemesanan barang elektronik mungkin paling banyak, untuk jenis ini bisa di temui di perusahaan atau kantor yang baru buka, biasanya mereka membutuhkan beberapa jenis barang elektronik untuk kelengkapan kantornya, seperti Printer, proyektor, Layar Tv, Mesin fotocopy, dan masih banyak lagi.

* Surat Pesanan Barang Industri
barang industri di sini banyak jenisnya, misalnya mesin jahit, bakaran atau alat untuk memasak kue, alat potong dan yang lainya.

* Surat Pesanan Barang Perkantoran
 Seperti yang sudah di sebutkan pada poin pertama, kebutuhan kantoran tidaklah jauh dari alat elektronik. Tapi masih ada yang lainya seperti meja, kursi, sofa, hiasan lampu, dan masih banyak lagi.

* Surat Pesanan Barang Atau Alat Mesin
Untuk bahan atau alat mesin sangat luas cakupanya, misalnya saja yang memesan ini adalah sebuah bengkel mobil. Untuk bengkel mobil biasanya yang di pesan seperti Kaca mobil, Sparepat mesin, piston, pompa piston,dan masih banyak lagi.

Hal Penting Yang Harus Ada Dalam Surat
  • Nama Perusahaan
  • Nama Barang Pesanan
  • Jumlah barang
  • Deskripsi barang
  • Harga barang
  • cara pembayaran
  • Alamat pengiriman barang
Susunan Dalam Bagian Surat
  • Kepala Surat/Kop surat perusahaan
  • Nomor
  • Lampiran
  • Prihal
  • Perusahaan, Toko, Atau orang yang di tuju/Penjual
  • Isi :Permintaan pengiriman barnag, nama barang, Jumlah, Harga, Dan Cara pembayaran
  • Tanda tangan Pimpinan perusahaan/pemilik toko/Penjual
Dengan membaca beberapa poin di atas tentunya kita sudah mendapatkan gambaran tentang cara membuat surat pesanan atau pemesanan barang kita. Untuk lebi jelsanya berikut saya berikan beberapa contohnya agar kalian juga muda dalam pembuatanya.

# Contoh Surat Pemesanan Produk 1

 PT ROCKET MEDIA MANAJEMEN
Jl. Solo Wamena Km. 67,8 Sleman Yogyakarta
NO Telp (0271) 4824326941, Fax (0127) 527543629 
email : Manajmediautama@gmail.com
===================================================================

Sleman, 1 Oktober 2017
 
Nomor : 123/MIn/X/2018
Lampiran : -
Hal : Pemesanan Barang

Kepada Yth.
Direktur PT Urban Parit Groups
Jl. MangkiniTimur Km. 14 Bantul
Yogyakarta




Dengan hormat,

Mengingat surat penawaran nomor : 19/JN/X/2018 yang saudara kirim, kami sangat tertarik dengan penawaran barang yang saudara tawarkan kepada perusahaan kami. Untuk itu kami ingin memesan baberapa barang, berikut ini daftar barang pesanan kami :
NO  Kode            Nama barang                 Jumlah Satuan Barang

1. AIB  011 A      Minyak Goreng 1 liter         30 Kardus
2. SDI 10 Al        Bolpoin                              28 Lusin
3. ISA 121 UI     Penggaris 30 cm
                19 Lusin
4. SDO 18 Q      Sabun Cair 300 ml
              10 Pack
5. PUP 10 V     Gula Pasir 1 kg
                      15 Kardus
6. QR 12 PO    Teh 200 gram
                          25 Pack
7. SIR 69 U       Kopi Hitam 500 gram              22 Pack


Untuk pembayaran akan kami lakukan sesuai ketentuan yang anda berikan yakni paling telat setelah 2 hari barang kami terima dan kami cek semua barang dalam keadaan baik. Kami juga akan memberikan salinan tanda bukti pembayaran kepada saudara.
Semoga barang pesanan kami segara kami terima sesuai dengan ketentuan saudara.

Demikian surat pemesanan barang ini kami sampaikan kepada saudar, atas kerjasama dan perhatian saudara kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami



Achmad Cahyano
Direktur

# Contoh Surat Pemesanan Produk 2


SOLOBARCODE COMPUTAMA MEDIA
Jl. Paningan solo utara (solo jogja) Ruko perkantoran Kopasus Grup 2 solo 178977
Centra Java Telp.0838-988-9878-77 / 0281-3456778
===================================================================
                                                                                                            Kepada Yth.

No. : 001/sp/ss/03/2012                                                                         Bp. Djoko
Hal : Penawaran Printhead Printer
                                                    (Batik Danar Hadi)                                                                                                                  Di Solo


Dengan Hormat,

SOLOBARCODE adalah Vendor Hardware Indonesia menyediakan pemakai peralatan Barcode, AIDC (Automatic Identification and Data Capture), Mesin Absen, Printer IDCARD, Passbook, Peralatan Kasir, RFID dan sejenisnya. Berikut kami sampaikan pemesnan barang kami dengan spesifikasi sebagai berikut :

  • Printhead Assy, S4M /Z4M /Z4M+  (207 dpi) Ru Rate Harga 4.700.000 Harga Langganan 4.503.500

Harga terakhir : 03 November 2016

Keterangan :
1. Kami termasuk perusahanan NON-PKP
2. Rekening Pembayaran melalui BRI KCp Solo No.3920-228622-34-9 a.n Mahmud Alam S.pdi
3. Pengiriman pembayaran di lakukan setelah ada konfirmasi dari anda

Jika ada pertanyaan silakan menghubungi di SOLOBARCODE, 0271-2052766 atau email : aristolobarcodecom atau datang ke lokasi showroom kami. Demikian penawaran kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Hormat Kami,



Arif Mahmudin
0271-2052766



# Contoh Surat Pemesanan Produk 3

CV. JAFAR ID SAMUDRA
Jl. Sukarela peninggilan /Japos Ruko 2 Toko sinar sulawesi matrial No.86 Peninggilan ciledug banten 15157
Telp.0838-988-9878-77 / 0281-3456778 Email Jafarmapan@yahoo.com
===================================================================

Nomor  : 470/SJ/V/2017
Hal        : Pesanan Barang

Kepada Yth. Bapak Sumardi Latim
Direktur PT. Meriah Jaya Teknik
Jln. Suangin paruang timur rampuang No. 13
Jakarta Barat

Dengan hormat,
Berdasarkan surat penawaran saudara No. 599/LD/XI/207 tanggal 19 November 2017, kami tertearik untuk memesan beberapa barang yang tertera pada surat penawaran produk saudara. Barang-barang yang kami ingin pesan sebagai berikut :
  1. 21 Unit Pompa air Jet Pump merek Honora 255
  2. 19 Unit Pompa air Jet Pump merek Shimizu Pc 250 Bit
  3. 32 Unit Pompa air pendorong Shimizu pc 135
Pembayaran akan kami lakukan secara Cash On Delivery (COD) Bertempat di kantor kami dengan alamat seperti yang tertera di kop surat. Harapan kami sebelum tanggal 29 November 2017 barang pesanan sudah kami terima.

Atas perhatian dan kerjasama anda, kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,


Agus Triyono
Manager Perbekalan

# Contoh Surat Pemesanan Produk 4

GRUP BLOGGER JAPOS
Jl. Jurang mangun raya (Tikungan Tiga) No 98 ruko 2 buana 15168
Email: Jafarbloggergroup@gmail.com Telp.0838-988-9878-77 / 0281-3456778
===================================================================

Nomor : 19/DJ /AE/2017 12 November 2017
Hal : Pemesanan Alat Perlengkapan Perkantoran

Yth, Bapak Hasan arif hidayat
Pemilik Toko Cabella Jl.  melati timur No 77 Tangerang

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan rencana kami untuk membuat kantor untuk usaha blogger di daerah perumahan japos ciledug, kami atas nama pengurus berminat untuk memesan beberapa perlengkapan kantor yang bapak jual. Dengan ini kami berminat memesan:
  1. Meja Belajar 31 Buah
  2. Kursi Kantor merek paloma 31 buah
  3. Kursi pelastik 16 Buah
  4. Meja panjang kayu ukuran 3 X 1 meter 2 buah.
  5. Rak buku 4 Buah
Keseluruhan barang pesanan di atas kami harap dapat di terima selambat-lambatnya tanggal 22 november 2017

Pembayaran terhadap seluruh pesanan kami tersebut, akan dilaksanakan tepat  hari setelah barang-barang pesanan seluruhnya kami terima. Sebagai bukti, kami akan mengirimkan fotocopy tanda bukti pembayaran kepa anda.

Atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.


Hormat Kami


Jafar ID
Pimpinan Group Blogger


Akhirnya selesai juga pembahasa dalam postingan kali ini, semoga dengan penjelsan dan pemaparan serta contoh yang sudah di sertakan di atas dapat membantu atau dapat menjadi referensi buat kalian yang lagi ingin membuat surat pemesanan barang kalian sendiri.

Semoga di mudahkan dan di lancarkan segala usahanya termasuk pesanan barangnya. jangan lupa selalu mampir di blog usang ini untuk menemukan info dan ilmu bermanfaat lainya. Good Dada Babay

0 Response to "CONTOH SURAT PEMESANAN BARANG DAN CARA MEMBUATNYA"

Post a Comment