Banyak dari mereka yang menggeluti bisnis jual beli, baik itu elektronik, perhiasan (hiasan rumah), mebel, dan yang lainya sering menjumpai kejadian yang tidak enak di perasaan. Knapa kok nga enak? ya karna tidak menutup kemungkinan seorang pengusaha jual beli barang seperti yang suda di sebutkan di atas mengalami kerusakan saat perjalanan pengiriman.
Baca Juga: CONTOH SURAT PEMBERITAHUAN KEGIATAN RESMI DAN CARA MEMBUATNYA
Baik itu baranya pecah, patah, lecet, atau yang lainya membuat kita kurang puas akan barang yang kita pesan. Maka dari itu guna surat ini adalah untuk mengadukan (klaim) atau protes, Komplain barang yang rusak yang telah di kirim dari tempat kita memesan barang degan cara mengirim surat Pengaduan ini.
Surat pengaduan atau komplain ini biasanya berisi:
- Jumlah barang yang di kirim
- Jumlah barang yang rusak atau cacat
- Nama barang keseluruhan
- Nama barang yang di komplain
- No surat (Nomor Surat Pengiriman)
- Detail kerusakan yang terjadi
- Menyelesaikan jual beli agar memuaskan kedua bela pihak yang bertransaksi
- Menjaga hubungan baik antara si penjual dan yang beli yang sudah terjalin lama.
- Menyelesaikan permasalahan yang tidak di sengaja dan agar tidak ada yang di rugikan
- Bertujuan untuk mengingatkan si penjual agar memperbaiki pelayanan karna seperti yang kita ketahui pembeli adalah raja, denga pelayanan yang baik maka akan mendatangkan pelanggan yang setia.
- Meminta keterangan kepada si penjual di mana dia harus menuntut kerugian.
- Hubungkan dengan Nomor dan tanggal pemesanan
- Gunakan Bahasa yang santun, Mekipun anda kurang puas dengan apa yang anda dapatkan.
- Jelaskan sebab-sebab dan alasan anda membuat surat tersebut, dan sertakan bukti nyatanya.
- Jelaskan penyelesaian kesalahan ini yang anda kehendaki agar tidak merugikan satu sama lain.
Karna surat ini sifatnya penting maka dalam pembuatanya pun harus dengan teliti, perhatikan hal hal yang harus di muat dalam surat seperti yang telah di sampaikan diatas tantang isi dalam surat. Nah sekarang yang perlu di perhatikan selanjutnya adalah susunan dalam penulisanya. Sebagai berikut:
- Kop / kepala surat
- Tempat dan tanggal surat
- Nomor surat
- Prihal
- Lampiran (jika ada)
- Alamat /Orang yang di tuju
- Isi, Yang meliputi nama barang yang di komplain, jumlah, dan jenis kerusakan
- Tanda Tangan anda (pembeli)
SURYA ELEKTRO SULAWESI
Jl. Hj sunan gunung jati No. 19 Tangerang selatan
Telp. (0217) 9874627745 Fax. 03874682
==================================================================
Jl. Hj sunan gunung jati No. 19 Tangerang selatan
Telp. (0217) 9874627745 Fax. 03874682
==================================================================
Tangerang Selatan 14 November 2017
Nomor : 14/AH/VI/2017
Hal : Pengaduan Kerusakan Berang
Lampiran : 1(satu) Lembar Faktur Pembelian
Kepada
CV. SURYA TIMUR ELEKTRO
JL. mahmud alam Pondok kacang No 82
Kota Bekasi
Dengan hormat,
Barang pesanan dari Saudara yang berupa :
- 21 Unit laptop Macbook Aple 14 in
- 12 Unit Laptop Gaming Asus Ram 19 Gb
- 102 VGA invidia 16 GB
- 18 Printer Epson 1p770
- 10 Unit Casing CPU monster colling
Barang yang saudara kirimkan sudah sampai dengan selamat di tempat kami dan sesuai pesanan. Tapi kami agak sedikit kecewa setelah membuka dua unit Laptop Macbook aple yang tidak sesuai dengan kondisi semstinya. Pada layar laptop tersebut pecah dan tidak bisa di jual.
Oleh sebab itu dengan sangat menyesal, kami menyatakan bahwa 2 unit Laptop yang pecah tersebut akan kami kembalikan, kami mohon Saudara mengirimkan 2 unit Laptop yang baru sesuai dengan tipe pesanan. Bersama ini pula kami lampirkan faktur pembelian barang tersebut untuk lebih mempermudah penyelesaian persoalan Ini.
Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Hormat Kami
SURYA ELEKTRO SULAWESI
JAFAR ID
Pemilik Toko
TB. SINAR SULAWESI
Jl. Sukarela Paninggilan japos No.86 Kota tangerang
Telp. (0217) 87625366533 Fax. 772837764
==================================================================
Tangerang 14 November 2017
Nomor : 21/UK/XI/2017
Hal : Pengaduan Kerusakan Barang
Lamp : 1 (satu) lembar faktur Pembelian
Kepada
PT. HERIMAJU JAYA MEMBANGUN
Jln. Rappokalling No 91 Angrek
Jakarta
Dengan hormat,
Barang pesanan dari kami tempo hari yang berupa 700 Sak Semen Jakarta telah kami terima. Atas pelayanan saudara, kami ucapkan terima kasih.
Pada saat kami mengadakan pengecekan barang yang anda kirim kami agak sedikit kecewa karna terdapat 14 sak semen yang bocor dan 12 sak semen Sehingga tidak dapat di jual.
Oleh sebab itu dengan sangat menyesal kami menyatakan bahwa 14 sak semen yang bocor dan 12 sak semen yang mengeras itu akan kami kembalikan. Kami mohon saudara mengirim kembali semen sebanyak 26 sak yang masih utuh lagi masih bagus sebagai pengganti barang yang rusak tersebut. Bersama ini pula kami lampirkan faktur pembelian barang untuk mempermuda penyelesaian masalah ini.
Atas perhatian saudara kami ucapkan terima kasih
Hormat Kami
TB. SINAR SULAWESI
Hj. Mustamin
Pemilik Toko
Mudah kan.! Sebenarnya membuat surat ini tidaklah susah, cuman dari fikiran kalian aja yang mengatakan susah jadi susah beneran. Dan selain itu mungkin kalian tidak terbiasa aja dalam hal ini jadi anda merasa bingung mau memulai dari mana, tapi semoga dengan postingan sore saya ini dapat membantu.
Baca Juga: CONTOH SURAT TUGAS TERBARU PALING LENGKAP
Demikian postingan ini, semoga dapat menjadi panutan untuk kalian yang lagi berusaha membuat surat sendiri. Semoga ke dua contoh surat di atas di tamba penjelasan-penjelasanya dapat menjadi refrensi anda untuk membuat surat kalian sendiri.
Sebelum beranjak meninggalkan halaman ini saya pesankan untuk sesekali kembali mampir untuk melihat beberapa postingan yang akan saya buat dan saya posting di sini. Good Dada Babay
0 Response to "CONTOH SURAT PENGADUAN BARANG DAN CARA MEMBUATNYA"
Post a Comment