Contoh Judul Laporan Prakerin Jurusan Teknik komputer Jaringan TKJ

Contoh Judul Laporan Prakerin Tkj - Semua anak smk khususnya yang mengambil jurusan Teknik Komputer Jaringan atau sering di singkat dengan TKJ akan merasan kebingungan pada saat selesai melaksana prakerin atau Praktek kerja industri.

Kenapa bingung? ya kalian juga tentunya tau, kalo setelah selesai menjalankan program Pendidikan sistem ganda (PSG) kita di wajibkan untuk membuat sebuah laporan atas apa yang sudah kita buat dan dapatkan dari tempat kita melakukan praktek dalam waktu beberapa bulan.

contoh judul laporan tkj teknik komputer dan jaringan


Di sini saya akan berbagi dengan kalian, karna apa yang sedang kalian alami saat ini juga pernah aku alami saat aku masih duduk di bangku smk dulu. Aku akan memberikan beberapa contoh judul laporan yang baik dan benar sebagai refrensi saat kalian membuat sebuah judul laporan.

Ini memang agak sedikit membingungkan, karna judul yang akan kita angkat untuk laporan harus singkron atau sesuai denga apa yang akan kita bahas di dalam laporan nanti. Karna berdasarkan pengalaman waktu masih sekolah saya punya teman yang mengerjakan tugas laporan sampai berbulan-bulan lamanya belum kelar-kelar.

Menurut nya dia kesulitan dalam menentukan topik yang akan dia bahas dan mau mengangkat judul apa dalam laporanya. Ini sangat memalukan jika terjadi pada kalian, pengerjaan laporan sebenarnya mudah jika kita sudah memiliki materi yang akan kita bahas.

Contohnya jika kalian prakerinya itu di tempat servis komputer, ini merut saya sangat mudah untuk menentukan ide dalam membuat sebuah laporan karna ada banyak ilmu yang bisah kita pelajari dan tentunya bisah kita tuangkan dalam laporan kita nantinya. Di sebuah servis komputer tentunya bukan hanya mengerjakan komputer yang rusak saja, tapi pasti ada printer, scener, jaringan, dan lain sebagainya.

Seperti contohnya jika kita sering menangani komputer yang rusak, kalian lihat kerusakan apa yang di alami oleh sebuah komputer atau pc tersebut. Jika misalkan hardisk tidak terbaca, atau terbaca tapi tidak semua kapasitas hardisk bisah di gunakan berarti itu kena masalah bad sector pada hardis.

Dari masalah atau kerusakan pc ini kita bisah membuat sebuah judul laporan Yaitu "Memperbaiki Hardisk Bad Sector dan Cara Mencegah Hardisk Kena Bad Sector" ini menurut saya sangat menarik di bahas, kalian tinggal mengulik tentang hardis bad sector. pembahasan kamu akan berguna untuk orang banyak karna tentunya di sekolah kalian ada banyak anak yang memiliki komputer atau laptop.

Kembali ke tema pembahasan. sebelum melihat beberapa contoh judul laporanya alangkah baiknya jika kita ketahui dulu apa itu prakerin atau PSG.

Pengertian Prakerin (PSG)

Prakerin singkatan dari Praktek kerja industri atau sering juga di sebuta dengan PSG Pendidikan sistem ganda adalah kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dilakukan oleh siswa siswi smk pada tingkat pembelajaran tertentu. Hal ini di lakukan agar para siswa merasakan kerja sesungguhnya dengan bekal ilmu yang telah di pelajarinya di sekolah.

Selain itu agar semua anak bisah menambah wawasan dari berbagai aspek pekerjaan sesungguhnya di luar sana seperi psg di tempat industri atau yang laini nya sesuai dengan program keahlian yang di ambil oleh setiap siswa atau peserta.

Landasa Hukum Adanya  Kegiatan Prakerin
Kegiatan  prakerin bukan di selenggarakan atau di ada adakan oleh sekolah tapi sudah di atur oleh pusat pendidikan negara kita. Terdapat dua payung hukum yang mengatur soal ini, itu semua bertujuan untuk keperluan semua anak didik khususnya anak smk agar nantinya siap dalam bebrbagai aspek pekerjaan yang akan di hadapinya kelak.
  • Undang Undaang No.20 tahun 2003 Tentang siistem pendidikan Nasional
  • Kepmen pendidikan dan kebudayaan No.323/u/1997, Tentang  penyelengaaraan Prakerin SMK

Tujuan Di Adakanya Prakerin
  • Menerapkan atau mempraktekan ilmu pelajaran yang telah di dapatkan di sekolah
  • Membentuk pemikiran yang lebih profesiaonal bagi peserta prakerin
  • Melatih siswa peserta prakerin dalam berkomunikasi /berinteraksi secara profesional di dunia kerja yang sesungguhnya
  • Membentuk semangat belajar dan bekerja peserta prakerin
  • Mengembangkan ilmu pelajaran dasar yang di dapatkan di dekolah sesuai masing masing bidang
  • Menambah wawasan yang di miliki siswa peserta prakerin dan dapat di terapkan dalam kehidupan sehari hari
  • Membuka peluang lapangan kerja setiap siswa yang telah melaksanakan prakerin di setiap tempat usaha atau perusahaan.

Manfaat Di Adakanya Prakerin
  • Agar dapat menhasilkan tenaga kerja yang berkualitas, memiliki keahlian, dan semangat kerja yang sesuai dengan tuntutan kerja perusahaan jaman sekarang.
  • Menjalin hubungan antara sekolah dengan dunia industri atau usaha agar mendapatkan peluang pekerjaan bagi setiap murit yang lulus sekolah nantinya.
  • Menambah efisiensi pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan dalam mempersiapkan bekal untuk bekerja.
  • Memberi pengakuan seperti penghargaan yang di berikan oleh prusahaan sebagai bagian dari proses pembelajaran.
  • Menyiapkan tenaga kerja atau sumberdaya manusia yang akan bersaing di dunia kerja di jaman yang sudah serba modern seperti sekarang ini.
Berikut Contoh Judul Laporan Prakerin Teknik Komputer Jaringan
  1. Mengatasi laptop Acer Aspire ES1-432-C5GA
  2. Mengatasi Laptop Samsung Samsung ATIV Smart PC XE500T1C – H01ID yang tidak bisa terkoneksi internet
  3. Merakit Komputer Spek dewa untuk Bermain Game Berat
  4. Service Printer Printer Epson l360
  5. Instalasi Dan Konfigurasi Sistem Oprasi Ubuntu Server
  6. Instalasi dan Setting Jaringan Di Warnet ABC
  7. Membagun Website Toko Online Dengan Platfom Wordpress
  8. Membuat Profil Online Perusahaan ABC
  9. Instalasi Sistem Oprasi Windows Dengan Menggunakan Sistem Kloning
  10. Install sistem Oprasi Windows 10 Di Laptop Spek Rendah
  11. Sharing Data Printer di windows 10 mengunakan Jaringan Wireles.
Ok, Sekian pembahasan tentang contoh judul laporan jurusan tkj ini, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membutuhkan. semua contoh judul di atas bisah jadi refrensi kalian dalam mengangkat sebuah judul di laporan kalian nanti. saya harap jangan mengkopinya secara utuh karna itu akan mengakibatkan ada kesamaan dengan teman kalian jika mereka berfikir sama seperti kamu. selain kesamaan bisa saja guru pembimbing atau pihak perusahaan bisa tau kalo kamu hanya mengambil judul dari intenet.


Jadi saya sarankan agar kalin buat sendiri judulnya dengan menggunakan contoh di atas, atau bisa kalian gunakan judul laporan di atas tapi kata-katanya sebagian kalian ganti dengan kata-kata kalian sendiri, itu akan lebih aman dan di jamin tidak akan memiliki kesamaan.

Yang terpenting dalam membuat sebuah laporan prakerin adalah jangan pernah menyerah dan teruslah berusaha sampai hasil yang kalian inginkan tercapai. Jika sudah menemukan judul yang akan kalian jadikan acuan dalam membuat laporan, gali sedalam mungkin permasalahan yang akan kalian bahas, perluas wawasan kalian, sekarang sudah sangat mudah mendapatkan informasi karna sudah ada internet. semua informasi yang kita butukan bisah kita cari di internet.

3 Responses to "Contoh Judul Laporan Prakerin Jurusan Teknik komputer Jaringan TKJ"

  1. judul laporan yang "Merakit Komputer Spek dewa untuk Bermain Game Berat" beneran ada? kalau ada bisa tolong kasih contoh isi?

    Soalnya judulnya menarik buat diangkat, dan apa boleh sama penguji menggunakan judul tersebut?

    ReplyDelete
  2. Contoh judul laporan prakerin TKJ

    ReplyDelete