CONTOH SURAT LAPORAN PENGADUAN KE POLISI DAN CARA MEMBUATNYA

Surat Laporan Atau Pengaduan Ke Polisi - Sudah menulis berbagai macam surat, ada surat perjanjian, surat penugasan, surat pesanan, dan masih banyak lainya. Pada kesempatan kali ini saya akan mebagikan concoh dan cara membuat surat laporan atau pengaduan ke polisi. Surat ini sangatlah penting, apalagi bagi orang yang sedang tertimpa masalah seperti tindakan kriminal, penipuan dan lain-lain.

surat pengaduan ke polisi, surat pengaduan. surat

Anda pernah di tipu.? atau lagi di landa masalah kriminal.? menipu dan ketipu adalah hal yang sudah sering terjadi dalam siklus kehidupan sekarang ini, bahkan setiap harinya ada ribuan laporan yang masuk ke kantor polisi untuk di selesaikan. Ada berbagai macam masalah.

Baca Juga: CONTOH SURAT PENGADUAN BARANG DAN CARA MEMBUATNYA

Jenis surat ini banyak di gunakan untuk melaporkan suatu kasus ke kantor polisi. Karna di negara kita ada pelayanan masyarakat yaitu polisi yang kapan saja kita bisah melaporkan suatu masalah yang terjadi. Saya tidak berharap pembaca untuk sering menggunakan surat ini, karna surat ini di gunakan jika terjadi masala, dan siapa yang mau ketimpa malah,? tidak ada kan.

Lalu apakah susah membuat surat seperti ini.? Jawabanya adalah tidak, Siapapun bisa membuat surat ini asalakan sudah tau caranya. Jika kalian merasa kesusahan, mungkin kalian tidak terbiasa atau baru dalam membuat surat seperti ini. Membuatnya she simpel-simpel aja, nanti akan di jelaskan di bawah.

Cara Membuat Surat Laporan Atau Pengaduan

Seperti yang telah di jelaskan di atas bahwa membuat surat sejenis ini tidaklah sulit. Kalau kalian sudah tau caranya atau dalam hal ini formatnya maka akan terasa muda dalam pembuatanya, Bahkan kalian bisa mengetiknya sendiri di rumah tanpa harus menggunakan jasa pembuatan surat yang mengharuskan anda untuk mengeluarkan dana lagi.

Baca Juga: CONTOH SURAT PEMBERITAHUAN KEGIATAN RESMI DAN CARA MEMBUATNYA

Beberapa hal yang perlu di ingat pada saat kita membuat surat laporan pengaduan ke kantor polisi sebagai berikut.
  1. Data Diri Pelapor
  2. Data diri orang yang di laporkan
  3. Rincian perkara ( masalah yang akan di laporkan)
Setidaknya dalam pelaporan perkara ke kantor polisi surat yang kita bawa berisi beberapa hal di atas. Pada bagian ini haruslah jelas agar di mudahkan dalam penyelesaianya, misalanya pada bagian data diri pelapor haruslah mencakup nama lengkap, Nomor KTP jika di perlukan, Jenis klamin,Nomor Kontak (handphone)

Setelah data diri pelapor sekarang data diri orang yang akan di laporkan. data diri orang yang terlapor biasanya terdiri atas nama, jenis klamin, alamat, dan lainya.

Selanjutnya pada bagian rincian perkara harus di jelsakan dengan jeles masalah yang tengah di hadapai. Misalnya yang terjadi adalah tindakan kriminal, jelaskan di mana tempat kejadian, proses kejadia, jika perlu waktu kejadian dan bukti bukti yang di butuhkan.

Dalam segi penulisan haruslah dengan kaidah bahasa yang baku dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar dengan menggunakan format standar yang berlaku. Setelah mengetahui beberapa hal yang pelu terkandung dalam surat laporan ini maka berikut ini adalah susunan dalam penulisan surat laporan
  1. Tujuan Surat (berupa nama Mis. pak kapolsek)
  2. Alamat
  3. Hal
  4. Lampiran
  5. Salam pembuka
  6. Data diri orang yang melapor
  7. Data diri orang telapor
  8. Isi surat, meliputi penjelasan kejadian perkara atau pengaduan anda
  9. Salam penutup 
  10. Tanda Tangan pelapor
Dengan data di atas, penjelasan dan poin-poin yang harus ada dalam surat, mungkin kalian sudah terbayang akan model surat yang akan kalian buat. jika masih bingung cara dan mau menulis dari mana berikut saya sertakan contoh suratnya agar kalian muda memperhatikan dan agar cepat di mengerti cara membuat surat laporan pengaduan masalah kalian.

Kepada Yth,
Bapak Kapolsek Kota Tangerang
di -
Tangerang


Hal        : Laporan Penipuan (bisa diganti, tergantung dengan masalah atau perkara Anda)
Lamp     : 1 (lembar) Surat Perjanjian


Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama               : JAFAR ID
Jenis kelamin   : Laki-laki
No. KTP          : 998755723436574
Alamat             : Jl. Sukarela peninggilan japos Tower dua No 86 Kota tangerang
No. Telp          : (0217) 9987677859

Bersama ini melaporkan seorang dengan data diri di bawah ini :

Nama              : PANJI ORING
Jenis kelamin  : Laki-laki
Alamat            : Jl. Mario Marennu No. 33 Bandung
No. Telp          : (0212) 84758874677

Saudari PANJI ORING telah melakukan tindak penipuan kepada saya berupa peminjaman uang sebesar Rp 125.000.0000 (Seratus Dua Puluh Lima Juta Rupiah) dengan perjanjian akan di kembalikan setelah 7 (lima) bulan peminjaman uang tersebut, dan sampai saat ini 9 (delapan) bulan setelah peminjaman belum juga dikembalikan hingga surat ini dibuat.

Sebagai bahan bukti, Dengan surat ini saya lampirkan foto copy surat perjanjian hutang-piutang yang dibuat dan ditanda tangani oleh kami berdua.

Demikian laporan pengaduan penipuan ini saya buat. Besar harapan saya agar Bapak Kapolsek Tangerang bersedia untuk membantu menyelesaikan perkara penipuan ini. Atas perhatiannya saya sampaikan terimakasih.


Tangerang, 14 November 2017
Hormat saya,


JAFAR ID
Pelapor


"Contoh di atas bukanlah model atau standar yang harus kalian ikuti, melainka hanya sebuah gambaran atau referensi bagi kalian yang membutuhkan."

Demikianlah panduan membuat surat ini semoga saja dapat membantu, dapat menjadi panutan, dapat menjadi refrensi kalian dalam menulis surat laporan ini. Bagai mana ngak susah kan., intinya surat ini bisah kalian bikin sendiri tanpa harus menggunakan jasa ketik surat yang mengharuskan kalian untuk mengeluarkan biaya lagi.

Sebelum beranjak dari page blog ini, saya sebagai admin blog ini mengucapkan terima kasih sudah berkunjung dan jagan bosan untuk mampir lagi karna akan ada banyak informasi yang saya posting tiap harinya di blog ini. Good Dada Babay

0 Response to "CONTOH SURAT LAPORAN PENGADUAN KE POLISI DAN CARA MEMBUATNYA"

Post a Comment