8 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Paling Ampuh

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Paling Ampuh - Selamat datang di blog kesayangan saya ini, aku udah tau apa yang membuat kamu singgah nongkrong di sini, ya pastinya karna sedang mencari sesuatu yaitu panduan untuk membuat surat lamaran pekerjaan.

Bagi kalian yang sedangan mencari panduan untuk membuat surat lamaran pekerjaan maka tempat kalian membaca sudah pas banget, kanapa.? karna  di sini saya sudah siapkan beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang sudah di sajikan di bawah tapi jangan terburu buru untuk langsung melihat Surat lamarannya karna ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum membuat sebuah surat lamaran kerja.

contoh surat lamaran kerja yang paling baik dan benar menurut eyd bahasa indonesia

Membuat SLK sebenarnya tidaklah sulit, tapi mungking karna belum terbiasa atau masih baru pertama kalinya membuat jadi terasa sulit dalam pembuatanya. Pada dasarnya emang surat yang satu ini akan menjadi sangat penting ketika kita sedang membutuhkannya, apalagi untuk orang yang baru saja selesai wisuda kuliah dan akan segera mencari pekerjaan.

Tapi bukan hanya orang-orang yang baru lulus, tapi mungkin ada sebagian orang yang ingin melamar pekerjaan lagi (memiliki pekerjaan ganda) atau yang baru saja melakukan resign dari pekerjaan bahkan ada yang baru saja di pecat dari pekerjaanya dan ingin mencari pekerjaan yang baru.

Ketika membuat sebuah surat  lamaran kerja, kita harus benar benar teliti dalam penulisan kata per katanya jangan sampai ada yang salah tulis atau salah ketik. Selain itu juga ketika kita hendak mengajuka lamaran pekerjaan kita biasanya di wajibkan adanya lampiran cv data diri atau riwayat hidup si pelamar kerja, dan di dalam blog ini juga sudah saya siapkan contoh VC riwayat hidup silahkan di pelajari.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Dalam membuat surat lamaran kerja ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, karna di terimnya kamu bekerja di suatu perusahaan tergantung dari cara kamu melamar pekerjaan. selain itu karakter kamu akan di nilai dari sini, dari sejak kamu melamar pekerjaan dan dalam hal ini surat lamaran pekerjaan yang sedang kita bahas saat ini.

Berikut ini adalah format atau struktur dalam penulisan surat lamaran pekerjaan.
  1. Tempat dan tanggal penulisan
  2. Perusahaan yang ditujukan
  3. Salam hormat
  4. Kata pengantar
  5. Biodata pribadi
  6. Pengalaman kerja dan skill
  7. Harapan
  8. Penutup 
Tips dalam membuat surat lamaran pekerjaan agar diterima HRD
  • Menggunakan bahasa yang baik dan benar. Gunakan bahasa formal seperti kalian membuat surat untuk di tujukan ke instansi pemerintahan agar terkesan sopan dan lebih menghargai.
  • Format penulisan tetata rapi dengan menggunakan bahasa yang tidak bertele-tele. Penulisan isi surat lamaran pekerjaan jangan sekali kali kalian menulis, menjelaskan, atau apapun itu secara berlebi lebihan tapi ngak ada manfaatnya. Contohnya dalam hal ini menjelaskan sesuatu seperti kemampuan, pengalaman, atau aktifitas pekerjaan kalian di perusahaan sebelumnya karna ini semua harusnya sudah di rangkum dalam VC kalian.
  • Surat lamaran kerja Sebaiknya ditulis secara manual dan di buat oleh kalian sendiri si pelamar. Di tulis secara manual ini sih tergantung dari permintaan dari pengumuman pencari tenaga kerja, tapi biasanya khusus untuk daftar CPNS ini harus di tulis tangan dengan bahasa formal. Satu lagi ni yang menurut aku penting, Yaitu surat sebaiknya di tulis oleh alian sendiri agar jika di suatu hari nanti kalian akan merasa bangga akan kesuksesan usaha kalian sendiri, dan jika gagal kalian tidak menyalahkan orang lain karna semuanya kalian buat sendiri.
  • Lengkapi dengan data-data yang dibutuhka. Kelengkan data juga hal yang benar benar harus kalian utamakan karna kelengkapan data kalian akan memudahkan pihak HRD mengetahui data diri kamu, Pengalaman, pendidikan, dan yang lainya untuk mempertimbangkan kamu bisah lolos atau tidak.
  • Lampirkan surat lainnya misalnya sertifikat pengalaman kerja. Ini jika kalian punya tapi kalo tidak punya tidak apa apa juga. Tapi adanya data ini akan membuat berbeda dengan orang orang yang belum mempunyai pengalaman kerja sama sekali, orang yang sudah mempunyai pengalaman kerja akan mudah untuk beradaptasi dengan tempat kerja barunya tampa harus meraba-raba apa yang harus di lakukan, apa lagi jika pekerjaannya yang dulu sama seperti yang akan di kerjakanya sekarang.
Berikut 8 contoh surat lamaran kerja yang baik berdasarkan tujuan tempat melamar pekerjaan, silahkan pilih salah satunya yang paling cocok menurut kalian.

1. ) Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Yang Pertama 

surat lamaran kerja di perusahaan atau di bank
Gambar Dari : id.pinterest.com/pin

Surakarta, 27 Mei 2016

Kepada Yth. 
Bapak / Ibu Pimpinan
di Tempat

   
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini, Saya :

        Nama  
                               : Abd Jafar, S.E.
        Tempat & tanggal Lahir    : Peninggilan, 10 Juli 1988
        Alamat                                : Perumahan Japos, RT 01 RW 03, Tangerang banten
        No. HP                                : 0857 7720 2299 
        Pendidikan Terakhir          : Sarjana Ekonomi / Akuntansi (s1)

Bersama ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak / Ibu untuk diterima menjadi karyawan di perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotocopy Ijazah Sarjana Terakhir
  2. Transkip Nilai Sarjana
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Sertifikat Kursus Komputer Microsort Office
  5. Fotocopy SKCK
  6. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk
  7. Pas Foto 4×6
Demikian permohonan ini saya sampaikan, besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja di Perusahaan ibu / bapak. Atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini saya ucapkan Terima kasih.

Hormat saya,


Abd Jafar, S.E.


2. ) Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Di PT


contoh surat lamaran kerja yang benar
Gambar Dari : id.pinterest.com/pin

Surabaya, 02 Juli 2015

Kepada Yth. 
HRD PT. SURYA TIMUR HARAPAN MAKMUR
Jl. Sukarela Peniggilan/ japos No.86 Rt.01/03 Tangerang
   
Dengan hormat,
Saya Yang bertanda tangan dibawah ini, Saya :

        Nama  
                               : Aldi Sunnah
        Tempat & tanggal Lahir       : Sumberjaya, 11 Juni 1989
        Alamat                                : Jl. Fatmawati, RT 01 RW 03, Kendari selatan
        No. HP                                : 0867 7870 2779 
        Pendidikan Terakhir            : Sarjana Ekonomi / Akuntansi (s1)

Bersama ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak / Ibu yang bergerak di bidang pemasaran bahan bangunan di bidang administrasi, Muda-mudahan saya dapat di terima menjadi karyawan di perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin di bagian tersebut. 


Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :
  1. Fotocopy Ijazah Pendidikan Terakhir
  2. Transkip Nilai Terakhir
  3. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  4. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), SIM A, SIM C
  5. Pas Foto 4×6
Demikian permohonan ini saya sampaikan, besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja di Perusahaan ibu / bapak. Atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini saya ucapkan banyak Terima kasih.

Hormat saya,
Aldi Sunnah


3. ) Contoh Pembuatan Surat Lamaran Kerja Dari Berita Lowongan Kerja

Kendari, 02 November 2014
Kepada Yth. 
Bapak / Ibu Pimpinan CV. Karya Buana Bertani
Jl. Hj. jafar mandonga utara  No.17 Rt.01/03
   
Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan di internet  khususnya facebook yang saya perolah bahwa di perusahaan bapak / ibu sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai admin pemasaran produk dari media online.
Yang bertanda tangan dibawah ini, Saya :

        Nama  
                               : Muhammad Junandar
        Tempat & tanggal Lahir       : Mondoke, 07 juli 1995
        Alamat                                : Jl. Ahmad yano simpang tiga No. 17 Rt. 01/08
        No. HP                                : 085499897877
        Pendidikan Terakhir            : Teknik Informatika (s1)

Bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di posisi yang kosong di perusaan bapak / ibu, untuk membantu memasarkan produk anda melalui media online.Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotocopy Ijazah Pendidikan Terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  3. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Pas Foto 4×6
Demikian Surat permohonan Pekerjaan saya, besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja di Perusahaan bapak / Ibu Pada jabatan di atas. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 Muhammad Junandar


4.) Contoh Surat Lamaran Kerja Di Super Market

Sinjai, 07 Agustus 2016
Kepada Yth. 
Pimpinan Super Market Mentari
Jl. Gatot Jati Bening No. 81 A Rt.01/09 Sinjai Utara

   
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini, Saya :

        Nama  
                               : Lisna Anandita
        Tempat & tanggal Lahir       : Baruttung, 08 juni 1994
        Alamat                                : Jl. Pangling bundar tiga No. 11 Rt. 01
        No. HP                                : 081299879099
        Pendidikan Terakhir            : Smk Akuntansi Menejemen

Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di tempat usaha Bapak / ibu sebagai kasir sesuai dengan poster iklan lowongan kerja yang telah Bapak / Ibu Bagikan

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :
  1. Fotocopy Ijazah Pendidikan Terakhir
  2. Fotocopy (KTP)
  3. Pas Foto
Demikian surat lamaran pekerjaan saya, besar harapan saya untuk di terima bekerja di tempat usaha milik anda. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,



Lisna Anandita


5.) Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

Bandung, 29 Oktober 2017
Kepada Yth. 
HRD PT. JAYA SURYA KENCANA
Jl. Kudi Lingkat Jadi Utara No. 102 A Rt.09/01 Bandung
   
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini, Saya :

        Nama  
                               : Cakim Narang
        Tempat & tanggal Lahir       : Paninggilan, 31 Januari 1992
        Alamat                                : Jl. Hj. karsono No. 86 Rt. 3/01 japos
        No. HP                                : 082293439987 
        Pendidikan Terakhir            : S-1 Administrasi Pemerintahan 

Dengan ini saya mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai karyawan untuk mengisi posisi yang kosong. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :
  1. Fotocopy Ijazah Pendidikan Terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  3. Fotocopy (KTP)
  4. Fotocopy Izin berkendara SIM A, SIM C
  5. Pas Foto
Demikian surat lamaran pekerjaan Ini untuk di periksa dan di pertimbangkan, besar harapan saya untuk di terima bekerja di perusahaan Bapak / Ibu. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,



Cakim Narang


6.) Surat Lamaran Kerja di Perusahaan Swasta

Surabaya, 19 November 2011
Kepada Yth. 
Pimpinan PT. First Giga Media
Jl. Taruna Barat Daya Tumohon No. 10 AB Surabaya
   
Dengan hormat,
Saya Yang bertanda tangan dibawah ini:

        Nama  
                               : Abdul Jafar
        Tempat & tanggal Lahir       : Arab, 07 Maret 1995
        Alamat                                : Jl. Sukarela Peninngilan/japos No. 86 Rt. 01/01 Ciledug Banten
        No. HP                                : 085292222444
        Pendidikan Terakhir            : S-1 Teknik Komputer Dan jaringan


Bersama dengan surat ini saya bermaksud melamar pekerjaan di perusahaan bapak / ibu pimpin yang begerak di bidang teknologi penyimpanan data. Saya mempunya banyak pengalaman dan penegtahuan di bidang ini dan akan memeberikan yang terbaik untuk perusahaan bapak/ ibu.

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :
  1. Fotocopy (KTP)
  2. Fotocopy Ijazah Pendidikan Terakhir
  3. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  4. Fotocopy SKCK
  5. Fotocopy Izin berkendara SIM A, SIM C
  6. Pas Foto 4 x 6
Demikian surat lamaran pekerjaan saya sekiranya dapat di pertimbangkan dan besar harapan saya untuk bisa di terima bekerja di perusahaan Bapak / Ibu. Atas perhatianya terima kasih.

Hormat saya,



Abdul Jafar S.kom


7.) Contoh Surat Lamaran Kerja Dari Berita Koran

Yogyakarta, 17 Februari 2014
Kepada Yth. 
HRD PT. Nusantara Berbagi
Jl. Sunan Gunung Jati Padang D II No. 81 RT. 04 / 05

Prihal : Lamaran Kerja
  
Dengan hormat

Berdasarkan Informasi Lowongan Kerja yang terpasang di media cetak koran harian kompas prihal lowongan pekerjaan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Melalui surat Lamaran ini saya bermaksud untuk mengajukan diri agar bisa di terima bekerja menjadi karyawan di perusahaan Bapak /Ibu. Saya Yang bertanda tangan dibawah ini:

        Nama  
                               : Hasan Masaid
        Tempat & tanggal Lahir       : Padang, 21 Januari 1989
        Alamat                                : Jl. Lakuna manari timur No. 87 Rt. 03/02 Yogyakarta
        No. HP                                : 087876788934
        Pendidikan Terakhir            : S-1 Menejemen Keuangan


Untuk melengkapi berikut beberapa data yang di perlukan sebagai bahan pertimbangan bapak / ibu di kemudian hari. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :
  1. Pas Foto 4 x 6
  2. Fotocopy (KTP)
  3. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  4. Fotocopy SKCK
  5. Fotocopy Ijazah Pendidikan Terakhir
  6. Fotocopy Sertifikat PKL
  7. Fotocopy Izin berkendara SIM A, SIM C
Demikian surat lamaran Ini sya buat dengan sebenarnya, dan besar harapan saya untuk dapatt di terima bekerja di perusahaan Bapak / Ibu. Atas perhatianya terima kasih.

Hormat saya,




Hasan Masaid


8.) Surat Lamaran Kerja di Bank

Bekasi, 19 Agustus 2015
Kepada Yth. 
Bpk/Ibu Pimpinan Cabang
PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
Jl. Maulana Malik Bundar Tiga No. 08 RT. 02 / 01

Prihal : Lamaran Kerja
  
Dengan hormat

Berdasarkan lowongan kerja yang terpasang di laman harian pos bekasi bahwa PT. bank Rakyat Indonesia Cabang Bekasi sedang membutuhkan pekerja di bidang AO (Account Officer) yang sudah memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bank. Maka dari itu saya yang bertanda tangan dibawah ini:

        Nama  
                               : Darwis Aris
        Tempat & tanggal Lahir       : Makassar, 27 Januari 1981
        Alamat                                : Jl. Malino nalang timur No. 72 Rt. 01/03 Bekasi
        No. HP                                : 087876788934
        Email                                  : Darwis72@gmail.co.id
        Pendidikan Terakhir            : S-1 Akuntansi


Untuk melengkapi berikut beberapa data yang di perlukan sebagai bahan pertimbangan bapak / ibu pimpinan di kemudian hari. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :
  1. Pas Foto 4 x 6
  2. Fotocopy (KTP)
  3. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  4. Fotocopy SKCK
  5. Fotocopy Ijazah Pendidikan Terakhir
  6. FotoCopy Kartu Keluarga 
  7. Fotocopy Sertifikat PKL
  8. Fotocopy Izin berkendara SIM A, SIM C 
  9. Sertifikat Pelatihan Komputer dan Bahasa Inggris
Pribadi Sangat berharap untuk di beri kesempatan untuk tes atau wawancar agar saya dapat menjelaskan apa yang belum tertera di dokumen di atas. Demikian surat lamaran Ini sya buat dengan sebenarnya. Atas perhatianya terima kasih.

Hormat saya,




Darwis Aris SE

Itulah 8 contoh surat lamaran kerja yang dapat kalian gunakan sebagai refrensi dalam membuat surat lamaran kerja kalian. Contoh-contoh di atas mungkin masih ada yang kurang atau gimana menurut kalian, tapi tingggal bagaimana kalian aja yang mengambil sisi baiknya.

Dalam menulis sebuah surat lamaran kerja tidak serta merta hanya menulis, menawarkan diri untuk menjadi karyawan di sebuah perusahaan tapi ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum atau saat kalian membuat surat lamaran.

Kalian juga tentunya tau jika ada lowongan kerja yang terbuka maka akan ada puluhan, ratusan bahkan ribuan orang yang lagi membutuhkan pekerjaan ikut mendaftar dan akan berusaha masuk dalam lowongan tersebut. Jadi dari sinilah kita ambil star untuk bersaing dengan ribuan calon karyawan lainya, dengan cara apa? Ya dengan melalui surat lamaran kerja ini, Nanti akan saya ajarkan bagaiman cara membuat surat lamaran kerja yang benar dan insyaallah akan lolos.

Sekarang perkara membuat surat lamaran pekerjaan sudah sangat muda di buat, tidak seperti dulu yang di haruskan untuk menggunakan tulisan tangan atau menggunakan mesin ketik manual. Tapi masih ada juga sih yang mengharuskan kita membuat surat lamaran dengan menggunakan tulisan tangan, Seperti melamar pekerjaan di perusahaan milik negara atau mau daftar sebagai pegawai negeri sipil (PNS) kita di wajibkan menulis surat lamaran dengan tulisan tangan.

Namun saat ini banyak yang lebih memeilih menggunakan fasilitas komputer, selain karna hasilnya lebih rapi, lebih praktis, dan akan mudah di ubah-ubah (edit) jika ada kesalahan dalam penulisanya. Untuk pengerjaan menggunakan komputter sudah ada banyak aplikasi yang bisah kita gunakan untuk menulis, misalnya yang paling banyak di gunakan orang yaitu Microsoft Word, Tentunya tau dong. Nah berikut Adlah Tips-tips membuat surat lamaran dengan word.
  • Gunakan huruf “Times New Roman” dengan ukuran huruf 12pt. Meskipun di dalam kolom pemilihan huruf terdapat banyak pilihan huruf-huruf yang lebih keren dan berfariasi tapi saya sarankan kalian menggunakan hurus times new roman ini karna huruf ini merupakan yang resmi di gunakan untuk pembuatan surat resmi kayak gini.
  • Cetak dengan menggunakan kertas A4 atau sesuaikan dengan ketentuan-ketentuan yang di berikan oleh istansi/perusahaan.
  • Tulisan harus menggunakan bahasa yang resmi, formal dan sesuai dengan EYD dalam bahasa indonesia. Atau sesuai dengan gramer yang benar jika kaliam membuatya menggunakan bahasa inggris.
  • Surat lamaran harus di tulis dengan bahasa yang padat berisi, tidak bertele-tele bahasanya, yang menjelaskan kesana kemari tapi tidak singkron dengan apa yang sedang di hadapi. Tulislah dengan informasi yang padat agat pihak Human Resources Development (HRD) atau pihak recruiter tertarik untuk membaca surat lamaran punya kalian.
  • Perhatikan tataletak paragraf, usahakan pada paragraf pertama dan terakhir harus jelas meskipun semuanya harus jelsa tapi setidaknya pada paragraf pertama ini harus lebih menonjol dan menjual.
  • Perhatikan tulisan kamu di surat lamaran ini, jangan sampai apa yang kamu tulis di surat lamaran, kembali kamu masukan dalan Cv kamu. Jika Ini terjadi maka saya sarankan untuk merubahnya kembali.
  • Berikan sedikit rasa pengetahuan kamu terhadap perusahaan yang akan kamu lamar, karna sama seperti manusia perusahaan juga akan merasa senang jika ada seseorang yang mengetahui tentang dirinya. Selain itu juga akan memperjelas arah dari maksud lamaran kamu, dan surat lamaran kamu akan di anggap real, bukan surat massal yang di kirim ke beberapa loker lainya. Untuk hal ini saya sarankan agar meluangkan waktu beberap saat untuk mencari tahu tentang perusahaan yang akan kamu lamar.
  • Cantumkan keahlian lain yang kamu punya, seperti pandai memperbaiki sistem jaringan atau bisah mengatasi komputer yang bermasalah di bagin hardware atau yang lainya. Tidak perlu kamu sebutkan semua, cukup 3 atau 5 saja nanti jika masih ada lagi bisa kamu masukan dan jelaskan di bagian CV kamu. Ini menurut aku penting, Knapa.? karna orang yang mempunyai nilai lebih akan banyak di cari orang. Dengan begini kamu sudah memiliki 1 nilai ples di mata HRD.
  • Jangan sampai surat lamaran kamu terlihat kotor, kucel. Jika kamu membuat surat dengan menggunakan tulisan tangan usahakan jangan sampai kotor atau ada bekas kesalahan yang menimbulkan bekas tipe x. Jika ada bekas maka saya sarankan untuk ganti yang baru saja agar kelihatan rapi dan agar mut Hrd enak jika melihat lamaran kamu.
  • Tunjukan siapa kamu, kepribadianmu. Sebenarnya perusahaan tidak mementingkan kamu anak siapa tinggal dimana, sekolah SDnya dimana SMPnya dimana. Tapi yang mereka ingin tahu adalah kamu bisanya apa, orangnya kamu itu gimana, kebiasaan kamu ngapain, pokoknya apa yang ada dalam diri kamu saat ini.
Itulah beberapa tips dari saya, ada yang perlu di hindari dan ada juga yang harus kamu adakan dalam surat lamaran kamu. Biasanya kita sering terlupakan akan hal-hal yang kecil menurut kita tapi akan berdampak besar bagi orang lain.

Kita akan masih lanjut bagian selanjutnya yaitu Hal-hal penting daalam penulisan surat lamaran. Mungkin ini ada kaitanya dengan beberapa poin di  atas tapi yang jelas kalian juga harus tau ini, tujuanya untuk meminimalisir kesalahan yang mukin bisah terjadi pada saat kalian menulis nantinya.

Hal - Hal Penting Yang Mesti Di Perhatikan Dalam Menulis Surat Lamaran Pekerjaan

Kadang hal-hal kecil seringkali di abaikan oleh kebanyakan orang, padahal hal kecil itu justru mempunyai fungsi atau manfaat yang lebih besar di banding yang hal besar yang sangat kita perhatikan. Hal kecil dalam pembuatan surat lamaran harus semua di perhatikan jangan anggap sepele karan kemungkinan itu juga yang akan menentukan nasip tulisan surat lamaran anda.

Entah akan di buang ke tong sampah atau di simpan untuk keperluan berikutnya. Perhatikan sedetail mungkin surat lamaran anda, pikirkan lagi yang mungkin seharusnya di cantumkan tapi tidak anda cantumkan di dalam surat lamaran.

Berikut hal yang mesti ada dalam surat lamaran:
  • Nama lengkap
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Alamat
  • Telepon dan/atau HP
  • E-mail (jikaada, opsional)
  • Pendidikan Terakhir
  • Status Perkawinan
Semunya sebenarnya penting tapi yang lebih penting adalah nama dan nomor kotak kamu, nah sering kali nomor kontak ini di lalaikan oleh pelamar kerja, padahal ini sangat penting dan di butuhkan pada saat HRD perusahaan berminat atau suka dengan kamu. Yang jelasnya anda akan di hubungi secara langsung bukan mencari lewat alamat yang kamu tuliskan dalam surat lamaran.

Lampiran Sura Lamran Pekerjaan

Ini sudah kita bahas sebelumnya di atas pada contoh surat lamaran, tapi di sini akan akan saya jelaskan secara rinci tentang setiap lembar bab lampiran yang harus kalian ikut sertakan dalam surat lamaran kerja kalian.

Seperti yang kita ketahui bahwa di bagian lampiran inilah kita bisah melengkapi data diri kita yang sebanarnya seperti VC yang merangkum semua daftar riwayat hidup kita seperti pendidikaan dan semuanya.

Lampiran surat lamaran meliputi:
  • Daftar Riwayat Hidup (CV)
  • Fotocopy ijazah terakhir 
  • Transkrip nilai pendidikan terakhir
  • Fotocopy Kartu tanda penduduk (KTP), ( bisah di katakan penting untuk memvalidkan data kalian di surat lamaran )
  • Fotocopy sertifikat-sertifikat penghargaan
  • Fotocopy sertifikat-sertifikat organisasi
  • Fotocopy surat izin mengendara (SIM), ( Jika di perlukan dan pekerjaan ada hubunganya dengan kendaraan ini lebih baik ada )
  • Fotocopy sertifikat kursus/pelatihan
  • Pas foto terbaru.
Ini seharusnya ada di setiap surat lamaran, tapi seperti sertifikat organisasi dan penghargaan itu hanya di cantumkan jika melamar pekerjaan tertentu. Tapi lain halnya dengan Daftar riwayat hidup (VC) resume, ini merupakan dokumen yang wajib ada jika kalian melamar pekerjaan atau membuat surat lamaran, karna bisa di bilang di sinilah nyawa atau nasip surat lamaran anda.

Karna di sinilah, di Vc inilah kita menjelaskan seluruh keahlian kita, pendidikan, rekaman jejak pendidikan, semuanya ada dalam sini. mungkin yang belum membuat Daftar riwayat hidup (VC) Bisa lihat di sini.

Penutup.
Sekian tulisan kali ini tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar serta ampuh agar di terima oleh pihak Hrd. Semoga kalian semua yang telah mengikuti langkah-langkah membuat surat lamaran di blog ini bisa cepat dapat kerjaan. Aamiin

Sampai jumpa di postingan berikutnya.

0 Response to "8 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Paling Ampuh"

Post a Comment