Contoh Pembuatan CV Daftar Riwayat Hidup Yang Menarik Baik dan Benar

Contoh CV Daftar Riwayat Hidup - Halo sahabat !, sebelumnya saya ucapkan selamat bagi kalian yang baru saja berhasil menyelesaikan pendidikan baik itu di tingkat sekolah menengah atau universitas. setelah berhasil melalui tahap pendidikan maka kita sebaiknya langsung menuju dunia kerja agar bisah langsung mengaplikasikan atau menerapkan ilmu yang telah kita pelajari bertahun tahun lamanya.

Cv bahas indonesia, cv bahasa inggris

Untuk dapat masuk bekerja di suatu perusahaan seringkali ada beberap proses yang harus kita lalui terlebi dahulu, salah satunya adalah mengajukan surat lamaran kerja. contoh surat lamaran kerja sudah kita bahas pada konten ini. Pada amplop surat lamaran kerja ada satu berkas yang wajib ada yaitu CV atau Curriculum Vitae dan jika di artikan dalam bahasa indonesia memiliki arti Daftar riwayat hidup.

CV atau daftar riwayat hidup ini fungsinya adalah untuk memperkenalkan diri anda secara tidak langsung (tertulis) mengenai data personal pendidikan, Keahlian, Pengalaman kerja jika ada kepada si pemilik perusahaan. maka dari itu pembuatan cv ini sangatlah penting dan seharusnya tidak boleh asal-aslan karna ini adalah salah satu penentu di terima atau tidaknya anda di terima bekerja di perusahaan.

Mungkin masih banyak orang yang kesusahan dalam membuat Cv lamaran kerja ini. Tapi sebenarbya membuat cv itu tidaklah susah, cuma mungkin kalian hanya tidak terbiasa dalam hal ini jadi akan terkesan susah. Namun kalian tidak perlu kawatis soal masalah ini, karna di dalam ostingan Contoh pembuatan CV daftar riwayat hidup ini akan di bahas secara lengkap dan sekiranya bisa membantu kalian yang lagi butuh.

Hal - hal yang harus kalian perhatikan sebelum membuat CV lamaran kerja
Membuat cv lamaran kerja bukab hanya menulis riwayat pendidikan, pengalaman, dan juga keahlian semata tapi perlu di perhatikan hal hal berikut sebelum menulis cv.
  • Penulisan riwayat hidup harus jujur. Ini emang harus jujur, karna jujur dalam menulis riwayat akan memberikan pengaruh besar jika kalian keterima kerja nanti. Bayangkan jika kalian menulis cv asal asalan, misal di bagian pendidikan/ pengalaman kerja, maka kalian akan di berikan pekerjaan sesuai dengan pengalaman atau pendidikan kalian, akan membuat kesuasahan sendiri jika kalian tidak jujur pada bagian ini.
  • Penulisan daftar riwayat hidup tidak bertele-tele. Jangan sekali kali menulis cv yang pembahasnya ngelantur kesana kemari tidak jelas. menjelaskan ini itu tapi tidak ada manfaanya bagi perusahaan. ini akan membuat bosan orang yang akan memeriksa surat lamaran kerja kalian dan kemungkinan besar kamu akan di tolak.
  • Jangan terlalu panjang.  Membuat Cv tidak di harus panjang sampai berlembar-lembar atau bahkan mempunyai bab (hahaha). buatlah daftar riwayat hidup yang singkat-singkat saja tapi mempunyai isi yang padat tidak bertele-tele seperti yang sudah di jelaskan di atas.
  • Prestasi yang tidak di perlukan. Maksudnya jangan menulis prestasi yang kamu miliki yang sama sekali tidak ada sangkut pautnya sama pekerjaan yang akan kamu lamar. Seperti misalanya kamu mau melamar di bidang IT trus kamu menuliskan prestasi yang pernah kamu raih seperti, juara satu lamba makan krupuk se kecamatan, juara dua lomba panjat pinang se Rt 11, ini sama sekali tidak ada manfaatnya.
  • Prestasi yang di perlukan. Tulislah prestasi-prestasi atau pengalaman yang kamu miliki sesuai dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar. misalnya kamu mau melamar pekerjaan di bidang IT ya kamu tuliskan pengalaman atau pendidikan kamu di bidang it.
  • Kompetensi Keahlian. Tuliskan semua kopensi keahlian kamu yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan kamu tuju, karna ini juga akan menjadi bahan pertimbangan di terima atau tidaknya kamu bekerja di suatu bidang.
  • Riwayat pendidikan. Masukan semua pendidikan yang pernak kamu tempuh, mulai dari Tk, SD, SMP, SMA, Perguruan tinggi, pokoknya kalo bisa lengkap. Jangan lupa sertakan pendidikan lainya seperti pendidikan non formal kamu seperti, kursus bahasa inggris, kursus komputer, pelatikan kewirausahaan, dan lainya.
  • Penulisan. Usahakan penulisan Cv Daftar riwayat hidup anda rapi dan bersih agar enak di pandang.
  • Foto. Sertakan foto terbaru kamu, tapi fotonya yang rapi dan menggambarkan kamu sebagai calon pegawai. jangan asal cepret selfi seperti foto bahan upload instagram.
  • Nama. Beri nama file Daftar riwayat hidup yang telah kamu tulis ini. agar mudah di temukan. jangan di slip-slipkan di dokumen surat lamaran kerja.

Contoh Curriculum Vitae (CV)


DATA PRIBADI
Nama : Abdul Jafar
Tempat, Tanggal Lahir : Kendari, 70 Juli 1995
Alamat : Jl. Sukarela Peninggilan/ Japos No.86 Rt 01/03
Eamat Email : Jafar.id77@yahoo.com
Telepon : 085234777899
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama : Islam
Status : Belum menikah
Tinggi / Berat badan : 172 cm / 65 kg
Kesehatan : Baik Sekali
Kewarganegaraan : Indonesia

DATA PENDIDIKAN
SD : SD Negeri 01 Mondoke, 2000 – 2006
SLTP : Mts Sumberjaya Lalembuu, 2006 – 2009
SLTA : SMK Negeri 01 Konawe Selatan, 2009 – 2013
Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Halooleo Kendari, 2013-2017
Fakultas / Jurusan : Teknik informatika S1

PRESTASI
2008 : Pemenang Lomba Menghafal al Quran tingkat Profinsi
2010 : Juara 1 Debat bahasa inggris tingkat nasional
2011 : Juara 1 Desain Blog Competition Tingkat Nasional

PENGALAMAN ORGANISASI
2014 – 2015 : Ketua Pengembangan Web Halooleo kendari
2015 – 2016 : Kepala Bidang Koding Engineering Se Provinsi Sulawesi tenggara

PENGALAMAN KERJA
2017 – 2019 : Marketing pemasaran di PT. jaya langgeng
2020 2024 : Marketing  Di PT. Surya timur
 
KEMAMPUAN
Kemampuan Presentasi dan Komunikasi
Program Komputer (Microsoft Office, Notpet, Pdf)
Membuat Aplikasi, Koding pemograman Website, dan Blog

HOBBY
Internet (Browsing, Blogging and Web developing)
Mendengarkan Musik (EDM, Dj, Pop)
Membaca (Buku Bisnis, Motivasi dan Agama)
Olahraga (Lari, Badminton, Sepeda) 


NB:
Semua yang saya tulis di atas hanyalah karangan semata, jadi jagan mempermasalahkan tahun tahunya atau program, ketua dan jurusan yang tertulis.

Itu adalah contoh cv yang seringkali di gunakan oleh pelamar kerja, karna banyak di gunakan oleh orang maka dengan membuat cv tampilan sederhana seperti di atas akan membut HRD malas untuk membacanya. Mau tau kenapa, ya karna ada ratusan bahkan ribuan orang pelamar kerja yang menggunakan desain atau tampilan riwayat hidup sederhana seperti di atas.

Maka dari itu saya sarankan agar kalian para pelamar kerja yang baru mau membuat Cvnya jangan asal ngetik di kertas aja lalu di print, tapi berilah sedikit desain yang menarik perhatian Hrd agar mau membaca riwayat hidup termasuk pendidikan kamu.

Tenang saja saya akan memberikan beberapa contoh desain curriculum vitae (CV) yang di jamin akan membuat mata langsung tertuju kepada cv kamu.

Cv bahas indonesia, cv bahasa inggris

Dengan tapilan riwayat hidup kamu kreatif seperti ini makan bukan tidak mungkin lagi yang memeriksa surat lamaran kerja kamu akan memperhatikan cv kamu ini. selain desain dengan tampilan seperti ini,  kita juga ngak perlu ribet ribet membaca terlalu lama dan tentunya membosankan.

Cv bahas indonesia, cv bahasa inggris

Desain yang simpel, tapi tidak membosankan bukan, tidak semuanya skil kemampuan di tulis dengan tangan tapi sebagian menggunakan grafik yang tentunya tidak perlu membaca melainkan hanya perlu malihat saja kita sudah bisah mengetahui sejauh apa dan setinggi pendidikan orang ini.

Cv bahas indonesia, cv bahasa inggris

Ada masih banyak tampilan dan desain lainya, tinggal dari kalian saja sejauh mana kalian bisah membut tampilan yang lebih kreatif lagi dan lebih menarik lagi untuk di pandang. Seperti contoh cv di atas dari bagian keahlian tidak di tuliskan dengan huruf dan juga tidak di tulis dalam bentuk grafik seperti desain sebelumnya tetapi kali ini menggunakan bintang seperti di App play store sebagai tolak ukurnya.

Cv bahas indonesia, cv bahasa inggris

Menggunakan tampilan yang mencolok, kolaborasi warna biru dan juga putih sangat serasi sekali dan seperti yang kita lihat sangat tidak membosankan, semua tulisan bisah di baca dan lebih muda di mengerti bukan. Lamanya seperti laman muka website sangat sederhana tapi tidak membuat jenuh pembaca.

Cv bahas indonesia, cv bahasa inggris

Ini adalah desain yang terakhir, dan ada masih banyak lagi tampilan-tampilan yang bisah kalian cari sendiri di internet atau buka saja di sini contoh CV kreatif maka kamu akan menemukan ratusan bahkan ribuan tampilan contoh cv kreatif yang bisah kamu jadikan panduan desain riwayat hidup kamu.

Penutup.
Alhamdulillah selesai juga pembahasan tentang contoh pembuatan cv lamaran kerja ini. semoga saja semua yang saya tulis di atas memberikan manfaat dan edukasi bagi kalian yang sedang membuat cv dan surat lamaran kerja, semoga lamaranya berhasil dan di terima bekerja di perusahaan yang kalian inginkan.

Ini adalah awal mula perjuangan, jadi jangan kira setelah di terima bekerja kalain sudah merasa puas dan merasa bahwa inilah keberhasilan. Salah, di terima bekerja merupakan awal dari perjuangan dan bekerja untuk meniti karir. jadi tetaplah berusaha dan jadilah orang yang pantang menyerah. Ini adalah kata-kata yang ada di setiap akhir dari postingan aku. Jadi dada babay se you next postingan

0 Response to "Contoh Pembuatan CV Daftar Riwayat Hidup Yang Menarik Baik dan Benar"

Post a Comment