CONTOH SURAT PENAWARAN BARANG ATAU PRODUK YANG BENAR

Contoh Surat Penawaran Barang - Selamat pagi (waktu pada saat menulis konten ini) Seperti biasa yang sering aku bahas dalam blog ini yaitu surat, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang surat lagi dengan tema Surat Penawaran Barang Atau Produk.

contoh surat penawaran, contoh surat resmi, surat bisnis

Sangat sering saya menulis contoh surat di blog ini, soalnya ada banyak jenis surat dan cara penulisanya pun berbeda-beda baik itu dari format dan kata yang di gunakanya. Kemarin saya sudah memberikan contoh surat tentang Contoh Surat Undangan Sekolah mungkin di lain waktu kalian butuh bisah di bokmark dulu.

Dalam dunia usaha khususnya di bagian industri tentunya ada proses pemasaran, dan untuk memasarkan produk itu sangatlah tidak muda karan mungkin sudah ada banyak pesaing yang lebi dulu menggeluti bisnis tersebut atau faktor lainya. Pemasaran tidaklah susah jika produk jumlahnya cuman sedikit, tapi lain halnya jika ingin memasarkan sebuah produk yang jumlahnya banyak sampai jutaan.

Untuk menjual produk yang jumlahnya sangat banyak tersebut tentunya tidak bisa dengan melakukanya sendiri, Kalaupun iya pastinya pihak perusahaan harus mengeluarkan biaya lebih untuk menggaji karyawan melakukannya.

Kalau suda begitu salah satu solusinya yaitu mengajak kerjasama beberapa perusahaan atau agen untuk membantu kita dalam pemasaran produk tersebut. Bagai mana caranya? ya dengan mengajukan kerja sama dengan menggunakan Surat Penawaran Barang Ini. Perusahaan yang bisa di tuju ada banyak seperti jika produknya berupa makanan bisa langsung ke pusat Minimarket yang mempunyai banyak cabang di indonesia seperti Giant, Indomaret, alfamaret, alfamidi, dan yang lainya.

Sebelum kalian mulai membuat suratnya ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal berikut.

Sifat-sifat Surat Penawaran Barang
  1. Penawaran yang bersifat bebas apabila ada perubahan harga, penjual tidak perlu memberitahu terlebi dahulu.
  2. Penawaran yang mempunyai jangka waktu Penawaran yang sifatnya hanya sementara
  3. Penawaran yang sifatnya terikat, Penjual perlu memberitahu jika terjadi perubahan harga
Hal-hal yang perlu di perhatika ketika hendak membuat surat penawaran barang.
  • Nama/jenis dari surat penawaran yang anda buat
  • Jumlah barang yang pasti
  • Merk
  • Harga khusus
  • Syarat pembayaran
  • Syarat penyerahan
  • Cara pengiriman (Tunjuk jasa yang di gunakan)
  • Sifat penawaran (bebas, berjangka, terikat.)
  • Mutu / Kualitas
Susunan Dalam menulis surat penawaran barang
Dalam membuat surat, apapun jenisnya tentu mempunyai urutan dalam penulisanya guna untuk mempermuda si penerima surat untuk memahami tujuan dari surat yang anda kirimkan. Hal ini jelas harus di perhatikan karna dengan surat penawaran yang tersusun rapi sesuai dengan posisinya akan memberikan mut yang baik kepada si pembaca, lain halnya jika surat anda tidak karuan yang susunannya ketukar tukar mungkin bisah jadi surat anda cuma di lirik trus di simpan di tempat sampah. Maka dari itu berikut susunan surat penawaran yang benar
  1. Tanggal pembuatan surat
  2. Kepada siapa surat itu di tujukan
  3. Alamat tujuan
  4. Nomor surat
  5. Hal
  6. Lampiran (jika ada)
  7. Salam Pembuka
  8. Isi, Berisi tentang penjelasan produk dan perusahaan anda
  9. penutup
  10. Nama perusahaan
  11. Tanda tangan yeng bertanggung jawab
Nah setelah ini mungkin kalian sudah mempunyai bayangan yang jelas model surat, kata yang akan anda tuliskan dalam surat kalian. Tapi jika kalian masih bingung menulis suratnya bagaimana, dan harus memulainya dari mana. Berikut ini beberapa contoh surat penawaran yang saya sertakan dalam postingan ini agar bisa jadi refrensi bagi kalian yang membutuhkanya.


Tangerang Selatan, 15 November 2017

Kepada Yth
CV. MAKKITA DESAIN
Di-
Bandung

Nomor   : 051/MP/XI/2017
Hal        : Penawaran Barang
Lamp.   : 2 (dua) Lembar Berkas

Dengan Hormat,

Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan dan usaha kami PT. JAFAR HAPSAH MANDIRI, Yang beralamat di Jln. larangan timur ruko 3 Blok B12 No. 87 Tangerang selatan. Kami adalah perusahaan yang bergerak dibidang distributor properti desain interior rumah tangga dan telah bekerja sama dengan berbagai toko dan perusahaan yang bergerak dibidang tersebut.

Karena itu sesuai informasi yang kami dapatkan bahwa, CV. MAKKITA DESAIN adalah perusahaan yang menjual berbagai macam properti desain interior yang sedang berkembang pesat dan menurut informasi sedang membutuhkan pasokan barang dengan harga yang bersahabat.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok barang yang anda butuhkan untuk perusahaan dan toko-toko yang bapak kelola. Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai bahan pertimbangan, silahkan bapak lihat di lampiran yang berisikan daftar harga produk yang kami sediakan.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan banyak terima kasih.

Hormat kami,
PT. JAFAR HAPSAH MANDIRI



Muhammad Ikba
Manager Marketing


 
Semarang, 15 November 2017
 
KepadaYth. 
Pimpinan
PT. SURYA TIMUR SEJAHTRA
      DI- 
Jl. Hakalindo Abadi Blok b11 No. 31 bandung
 

Nomor        : 012/ABG/XII/2017
Perihal        : Penawaran Barang
Lampiran    : 1 Buah Modul Rincian Barang dan Harga, 1 lembar Cara Pembelian dan Pembayaran.
 
Dengan hormat,

Melalui surat ini, perkenankanlah kami memperkenalkan perusahaan kami kepada Bapak. Perusahaan kami PT. JAFAR JAYA SENTOSA yang bergerak di bidang distributor sinitari peralatan rumah.

Menurut informasi yang kami peroleh, PT. SURYA TIMUR SEJAHTRA adalah perusahaan yang menjual alat properti yang sedang berkembang pesat dan akan membuka lagi beberapa kantor pemasaran di Bandung. Sehubungan dengan hal itu, perkenankan kami menawarkan beberapa produk alat Sinitari pelatan rumah yang kami pasarkan. Bersama surat ini kami lampirkan daftar barang beserta daftar harganya.

Untuk lebih jelasnya kami lampirkan beberapa lampiran sebagai penunjang penawaran kami kepada PT. SURYA TIMUR SEJAHTRA.

Kami berharap agar penawaran ini dapat dilanjutkan ke dalam bentuk kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Apabila Bapak berminat, kami siap melakukan presentasi dan siap melakukan pembicaraan ini lebih lanjut.


Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Hormat kami,
PT. JAFAR JAYA SENTOSA


FADLI HORISON
Manajer Marketing


Mudah kan membuatnya, yang menjadikanya susah itu karna kalian beranggapan membuat surat semacam ini susah jadi tersugesti ke otak dan beneran menjadi terasa susah. Sebenernya tidak susah she cuman kitanya saja yang tidak terbiasa membuat surat semacam ini jadi masih terasa berat dan bingung mau menggunakan bahasa yang seprti apa.

Demikianlah postingan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi panutan dalam pembuatan surat penawaran anda. sebelum beranjak untuk meninggalkan halaman ini saya pesankan untuk sesering kali mampir di blog belajar saya ini, karna akan ada banyak hal yang akan saya bagikan di sini tiap harinya, jadi jangan sampai ketinggalan untuk menamba wawasan kalian. Good Dada Babay

0 Response to "CONTOH SURAT PENAWARAN BARANG ATAU PRODUK YANG BENAR"

Post a Comment