CONTOH SURAT LAMARAN KERJA VIA EMAIL DAN CARA MEMBUETNYA

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email - Selamat Siang semua para pengunjung blog sederhana saya ini. Seperti dengan beberapa konten yang saya tulis di beberapa hari belakangan ini yaitu tentang surat. Sudah ada banyak contoh jenis surat yang telah saya buat, itu semua untuk kelian para pembaca yang sedang membutuhkan contoh-contoh surat untuk membuat surat kalian sendiri.

contoh surat lamaran via email, surat lamaran kerja, surat
Dan pada kesempatan Siang hari ini saya akan kembali menulis konten yang membahas tentang Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang di Kirim via email. Jenis surat ini tidaklah banyak perbedaan dengan surat lamaran lainya, di surat ini masih mengggunakan elemen-elemen yang di gunakan pada surat seperti biasanya.

Baca Juga : CONTOH SURAT PENAWARAN BARANG ATAU PRODUK YANG BENAR

Di jaman yang sudah serba canggih seperti sekarang ini menuntut kita untuk bisa menggunakan teknologi agar tidak tertinggal oleh jaman. Gaptek bukanla hal yang baik untuk kehidupan sekarang, semua sudah serba canggih sedangkan kita masih plongo jika melihat orang mengerjakan sesuatu dengan menggunakan misalnya komputer.

Anda akan susah dapat bekerja di era sekarang jika tidak memilliki pengetahuan minimal komputer. Dengan kemajuan jaman, mencari dan melamar pekerjaan pun sudah tidak seperti dulu lagi yang mengharuskan kita mendatangi setiap tempat kerja yang membuka lowongan pekerjaan untuk mengajukan surat lamaran kita.

Sekarang sudah banyak perusahaan yang suda mulai menerima lamaran pekertjaan melalui media email, dengan seperti ini akan memberikan keuntungan dan kemudahan kedua bela pihak, yang melamar dan yang menerima pekerjaan. Keuntungan lainya juga di dapatkan oleh si pelamar kerja, yang tidak perlu mengeluarkan tenaga dan biaya untuk mencetak dan mengirim surat lamaran kerja ke tempat tujuan.

Selai harus mengeluarkan biaya prosesnya sangat panjang yang bisa menyita waktu yang tidak sedikit. Pengiriman surat lamaran pun belum tentu sampai dengan tepat waktu, dan biasanya berkas yang kita kirim bisa saja rusak, lecet, dan bahkan hilang.

Maka dari itu mari kita belajar membuat surat lamaran yang bisa di kirim lewat email, yang tentunya mudah di lakukan oleh siapa pun.

Sebelum memulai menulis surat lamaranya, Berikut adalah beberapa hal yang perlu di perhatikan, agar penulisan dapat menghasilkan surat yang maksimal dan sesuai dengan harapan.
  • Buat surat lamaran kerja, boleh ditulis langsung di email, atau dalam bentuk file di MS. Word, Notepad, dan lain-lain yang nantinya bisa diupload. 
  • Buat Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae )
  • Foto Kopy Ijasah Terakhir
  • Sertifikat ( Jika ada Dan Di Butuhkan)
  • KTP
  • Pas foto terbaru anda
  • Surat - surat lain (Sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang akan di lamar)
Beberapa dari file di atas harus di scan gar bisa berbentuk file, karna berkas lembaran tidak bisa di kirim melalui email. Jika tidak punya scaner, anda bisa pinjam atau ke tempat fotocopy terdekat dan minta untuk di scankan. jangan lupa minta filenya dan simpan di falasdik, hardisk, dan media penyimpanan lainya yang anda miliki. Kemudian upload file tadi bersamaan dengan email lamaran kerja kalian.

Selanjutnya pastikan anda sudah punya email, email ini bebas bisa anda buat dengan menggunakan domain anda jika punya dan yang gratisan bisah menggunakan beberapa layanan email gratis seperti Yahoo.co.id Gmail.com, Ymail.com, hotmail.com dan masih banyak lainya.

Setelah persiapan semuanya sudah terpenuhi maka kita langsung saja ke proses pembuatan suratnya. untuk kalian yang belum pernah membuat surat semacam ini sebelumnya maka di postingan ini juga saya sertakan contoh suratnya dan penerapannya di dalam email agar bisa mudah di pahami.

Banda Aceh, 25 Oktober 2017
Yth. HRD PT. Indah Lestari
di tempat

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini,


Nama                       : JAFAR ID
Tempat, Tgl. Lahir    : Mondoke, 07 Juli 1995
Umur                        : 22 Tahun
Jenis Kelamin           : Laki-laki
Status                       : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir : S2 Teknik Informasi
No. Telpon               : 0852 9222 2620
Alamat Rumah         : Jl. Sukarela Peninggilan Japos No. 86 Blok G2 Ruko 3 Tangerang
 

Bersama ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan Bapak/Ibu untuk menempati posisi sebagai TENAGA PENGEMBANG SERVER. Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik dan tidak pernah tersangkut masalah hukum apapun. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa berkas yang saya miliki:
  1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV)
  2. Scan Ijazah S2 Teknik Informasi
  3. Scan Transkrip Nilai Terakhir
  4. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Scan Surat Izin Mengendara (SIM) 
  6. Scan Surat Keterangan Dokter
  7. Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  8. Pas Photo Format .Png (1 file)
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dan sampaikan, Besar harapan saya dapat diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya sampaikan banyak terima kasih.

Hormat saya,


JAFAR ID


Contoh Penulisan Surat Lamaran Di Email


Tips Mengirim Surat Lamaran Agar Diterima Pihak HRD Perusahaan

Mengirim surat tidaklah boleh sembarangan apalagi dalam hal ini akan mengirimkan email yang berupa surat lamaran yang jika di artikan adalah permohonan untuk bisa bekerja di perusahaan yang di tuju. Berikut adalah beberapa tipsnya silahkan di simak.

1. ) Gunakan Email Profesional
Email profesional artinya email yang mengandung nama singkat dan tidak lebay. alamat email sangat berpengarus dalam hal ini, karna email kita akan di periksa oleh pihak HRD perusahaan. Email yang baik contohnya (Jafarpamungkas@Gmail.Com) sedangkan contoh email yang tidak benar seperti ini (Jafaranakmamicetiacelalu@Gmail.com) Sudah lebay panjang lagi, jadi nga mut ngeliatnya.

2.) Menggunakan Subject dan Judul Email Yang Tepat
Ketika kita mengirim email dan masuk ke imbox email perusahaan hal yang perama kali terlihat oleh HRD adalah subject atau judul dari email yang kita kirim. jadi ketika kalian hendak mengirim email surat lamaran melalui email terlebih dahulu perhatikan judul email kalian karna ini juga adalah penentu kalian di terima atau tidak di perusahaan yang kalian tuju.

Jika pada saat pemeriksaan imbox email dan terlihat email lamaran anda dengan judul email yang jelas kemungkinan HRD akan membukanya dan terus membacanya, begitupun dengan sebaliknya jika judul surat anda tidak jelas dan bahkan tidak singkron dengan tujuan anda jangankan di baca isi emailnya di buka pun tidak. Berikut adalah contoh judul email lamaran yang sering di gunakan


          * Lamaran Pekerjaan (jabatan yang dilamar) - Nama Pelamar

                    Contoh : Lamaran Pekerjaan (Menejemen Administrasi) - Ahmad Junandar



3.) Tulislah Body Email dengan Singkat, Padat dan Jelas
Tips melamar pekerjaan lewat email selanjutnya adalah dengan mengisi body email dengan kata kata sopan dengan EYD bahasa yang baik dan benar. Dalam menulis di bagian ini usahakan bahasa atau isi tidak terlalu panjang yang akan membuat pemeriksa menjadi bosan membacanya. jadi tulislah sesingkat mungkin dan dengan penjelasan yang berisi, berbobot, jangan gunakan bahasa yang bertele-tele yang akan membuat lamaran anda menjadi panjang dan tidak terarah.

Itulah 3 tips yang dapat saya berikan, mungkin kalian punya tambahan silahkan di aplikasikan sendiri. Dan sampaila juga postingan pada kesempatan kalia ini tentang Cntoh Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Baik Lagi Benar.

Jika contoh atau panduan ini berguna bagi anda lagi bermanfaat saya mohon kesedianya untuk membagikanya di media sosial kalian, Berikut telah di sediakan tombol share Di beberapa media sosial, tinggal kalian pilih sendiri.

0 Response to "CONTOH SURAT LAMARAN KERJA VIA EMAIL DAN CARA MEMBUETNYA"

Post a Comment