Contoh Penulisan Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Benar

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah - Hah yang masih sekolah, atau yang sudah menjabat sebagai orang tua yang mempunyai anak yang sudah sekolah, harus tau membuat surat, terutama surat izin untuk sekolah yang akan kita bahas pada postingan kali ini.

Meskipun sekarang sudah jaman teknologi yang semuanya sudah bisa melalui smartphone genggam tapi untuk yang satu ini di haruskan menggunakan surat jika sempat membuatnya. jika memang sudah terlalu mendesak bisah menggunakan fasilitas lain seperti nelfon guru atau langsung memberitahukan guru di sekolah atau di rumahnya.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah


Hal ini bisa di bilang sangat sepele, pembuatan surat izin mungkin sudah sangat biasa di buat oleh sebagaian orang. namun perlu kita ketahui bahwa ada sebagian orang tua atau siswa yang masih bingung dalam pembuatan surat izin ini. Meskipun sangat simpel buatnya namun kenyataanya masih banyak di jumpai kesalahan dalam menulis surat izin tidak masuk sekolah ini.

Ada beberapa faktor penyebabnya kesalahan dalam menulis sebagai berikut:

1. Penggunaan bahasa 
Meskipun dalam penulisan surat ini dalam bahasa indonesia yang sering kita gunakan sehari-hari, tapi beda halanya jika kondisi dalam membuat surat izin ini. dalam menulis surat bahasa yang harus kita gunakan adalah bahasa yang baku atau efektif, karna surat yang kita buat ini adalah surat yang sifatnya resmi dan di tujukan untuk instansi di sekolah. Dan satu lagi jangan gunakan bahasa yang membingungkan pembaca, gunakan bahasa yang jelas tidak bertele-tele.

2. Susunan paragraf yang benar
Dalam penulisan surat tentunya akan ada beberapa paragraf yang akan kita tulis. nah untuk masalah paragraf jangan sampai ketukar, meskipun kesalahan pada bagian ini sangat minim terjadi tapi perlu saya ingatkan. ketika mulai menulis utamakan menulis tanggal pembuatan surat izin dan di tulis paling awal terus di bawahnya pembuka jangan samai kebalik.

3. Penggunaan tanda baca
Ini adalah hal yang sering tidak di perhatikan dalam pembuatan surat. meskipun sangat sepele tapi ini sangat berpengaruh terhadap surat kalian. membuat surat dengan tanda baca yang benar akan memudahkan bagi si pembaca dan akan terlihat lebih rapi.

Itulah 3 faktor yang sering di lupakan dalam penulisan surat resmi. setelah tau beberap faktor di atas alangkah baiknya jika di brengi dengan penulisan yang rapi karna surat ini di buat dengan tulisan tangan, meskipun tulisan kita tidak bagus-bagus amat tapi jika tata cara menulisnya rapi akan enak juga di baca.

Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah
Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam membuat surat resmi izin tidak masuk sekolah, selain 3 faktor kesalan di atas masih ada lagi, ini dia.
  • Surat harus di buat dengan alasan yang benar adanya
  • Menulis surat harus menggunakan tangan, jangan di cetak atau di prin out
  • Biasanya surat izin jika sakit dalam beberapa hari harus di sertai dengan surat keterangan sakit dari dokter
  • Surat izin sakit boleh di tulis oleh salah satu orang tua atau keluarganya, jika orang tuanya lagi berhalangan atau tidak ada di tempat
  • Surat izin tidak masuk sekolah karna ada keperluan keluarga boleh di tulis oleh orang tua atau oleh siswa sendiri.
  • Surat izin tidak masuk sekolah termsuk dalam kategori surat resmi, jadi penulisanya harus dengan kata-kata yang formal lagi baik dan benar
  • Tempat dan tanggal penulisan surat harus sesuai dengan waktu pembuatan surat
  • Catatan, dalam penilisan pembuka jika menggunkan "kepada" maka jangan lagi menggunakan "Yth". begitupun sebaliknya, jadi anda harus pilih salah satunya.
  • Slam pembuka umunya menggunakan kata "Dengan Hormat" jangan di ganti yang lain, karna akan berkesan tidak sopan
  • Penulisan isi surat berisikan identitas anak atau kalian jika menulis sendiri dan alasan tidak masuk sekolah
Itu dia poin-poin penting yang harus di perhatikan dalam menulis surat izin, meskipun belum lengkap sepenuhnya dan mungkinn masih banyak kekurangan tapi itulah poin-poin besarnya. Ok untuk mempersingkat pembahasan kita langsung saja ke pokok pembahasan.

Contoh Surat Tidak Masuk Sekolah Karna Sakit
————————————————————————————————————
Lalembuu, 25 September 2017
Kepada
Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII TKJ
SMK N 1 Konawe Selatan

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama   : Jafar ID
Siswa   : Kelas XII TKJ. SMK N 1 Konawe Selatan
Alamat : Jl. Raya Desa Mondoke  No. 04 Kec. Lalembuu

Memberitahukan bahwa anak Jafar ID tidak dapat masuk sekolah untuk mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin 25 September 2017 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII agar memberikan izin.

Demikia yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.


Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

————————————————————————————————————

Itula Contoh penulisan surat izin tidak masuk sekolah, semoga bisa bemanfaat bagi kalian bapak ibu atau teman teman yang lagi membutuhkan panduan atau contoh pembuatan surat ini. dan saya doakan jika memang lagi sakit agar cepat sembuh dan bisa untuk kembali ke sekolah dan belajar seperti biasanya. Thanks udah mampir

0 Response to "Contoh Penulisan Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Benar"

Post a Comment