CONTOH SURAT PEMBERITAHUAN KEGIATAN RESMI DAN CARA MEMBUATNYA

Contoh Dan Cara Membuat Surat Pemberitahuan Kegiatan Resmi - Sebenarnya malam ini (saat menulis waktu malam) saya sanagat malas rasanya untuk menulis contoh surat lagi, rencanaya ingin di lanjutkan besok saja. Sedikit curhat, hari ini rasanya cape banget, badan pada pegel, pikiran terasa berat, hidup rasanya sudah mentok akan rencana.


Terus mungkin kalian pada bertanya kenap saya tetap melanjutkan tulisan ini.? Jawabanya adalah yang pertama saya punya terget jumlah artikel yang harus saya buat dalam sehari, yang ke 2 adalah karna saya sadar banyak yang membutuhkan tulisan saya ini tentang Surat Pemberitahuan Kegiatan Resmi. Karna senang membantu sesama, mendorong saya jadi semangat untuk menulis lagi dan muda-mudahan bermanfaat buat kalian.

Kembali Ke Topik.....

Surat pemberitahuan kegiatan ini biasanya di gunakan untuk memberitahukan seseorang atau istansi dalam lembaga kemasyarakatan dan bisah juga dalam lingkup kerja perusahaan. Surat ini biasanya di gunakan untuk memberitahukan akan suatu acara/ kegiatan/ aktifitas yang membutuhkan izin dan yang tidak membutuhkan izin.

Baca Juga : CONTOH SURAT TUGAS TERBARU PALING LENGKAP

Yang pernah sekolah, sebagai orang tua siswa, orang yang bekerja di kantor klurahan, atau orang yang bertugas di lingkup pemasyarakatan tentu tau atau sering menerima surat seperti ini. Karna pasti di setiap akan di adakan kegiatan atau suatu pelaksanaan acara biasanya akan mengeluarkan surat pemberitahuan kepada orang-orang bersangkutanyang tidak sempat hadir saat penyusunan rencana atau saat diadakanya rapat.

Cara Membuat Surat Pemberitahuan Kegiatan
Surat pemberitahuan ini sifatnya resmi dan dalam pembuatanya pun di haruskan untuk memakai kata kata yang formal lagi baik dan benar. Jangan sampai ketika membuat surat pemberitahuan resmi ini kaling menggunakan kata kata yang kurang sopan atau bahasa yang sering kalian gunakan dalam berbincang sama teman.


Kata yang di gunakan dalam pembuatan surat ini haruslah sopan, santai dan tidak bertele-tele. Sebelum memulai untuk membuat surat pemberitahuan kalian sendiri alangkah baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini. Beberapa poin di bawah harus ada atau termuat dalam setiap surat pemberitahuan yang terbuat.
  • Identitas Pelaksana kegiatan
  • Nama Dan Jenis Kegiatan
  • Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan.
Berikut susunan atau urutan dalam membuat surat. Perhatikan setiap hal yang anda tuaikan dalam membuat surat ini, kelengkap surat akan mudah di mengerti oleh orang yang menerima dan membacanya.
  1. Kop surat
  2. Nomor surat
  3. lampiran (jika ada)
  4. Hal
  5. Nama dan alamat tujuan
  6. Salam pembuka
  7. Pembuka surat
  8. Isi : Berisi maksud dan tujuan dibuatnya surat tersebut, waktu kegiatan, tempat kegiatan, serta rincian – rincian lain yang berkaitan dengan surat tersebut.
  9. Penutup surat : Biasanya terdiri dari ucapan terima kasih, salam penutup.
  10. Tanda tangan dan nama penanggung jawab
Setelah mengetahui poin-poin yang penting dan harus ada dalam surat serta susuan yang benar dalam pembuatan surat sekarang saatnya untuk memulai menulis surat kita sendiri. Mungkin kalian masih merasa bingung harus memulai dari mana, maka dari itu saya sertakan beberapa contoh suratnya sebagai berikut.

Surat Pemberitahuan Kegiatan
 
KARANG TARUNA BINA BANGSA
HALOOLEO
Desa mondoke Kecamatan Lalembuu Kab. Konsel
==================================================================

No    : 023/KJ-PP/XI/2017
Hal   :  PEMBERITAHUAN

Kepasa Yth,
Bpk KAPOLSEK AMIRUL HUDA
     Di Tempat,

Assalamualaikum WR.WB

           Dalam rangka peringatan tahuĊ‹ baru Hijriah 1437 H. Kami Selaku Pengurus Karang Tauna BINA BANGSA desa Mondoke Kec.Lalembuu akan mengadakan acara pada :

Hari               : Jum'at
Tanggal          : 13 NOktober 2017
Waktu            : 13.00 WIT s/d Selesai
Kegiatan        : Pagelaran seni tari
Tempat           : Lapangan Desa Lambandia Lalembuu

       Untuk itu kami memberitahukan kepada bapak KAPOLSEK, Sehingga Kiranya acara yang akan kami selenggarakan dapat berjalan dengan lancar dan aman.

       Demikian surat pemberitahuan ini kami buat, Atas perhatian dan dukunganya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum WR.WB

Mondoke 09 Oktober 2017
 
                  Ketua Karang Taruna                                                          Sekertaris


            MAHMUD ALAM SH.I                                                MUHAMMAD FAISAL S.TEH


Mengetahui 
KEPALA DESA MONDOKE


SYARIFUDDIN


 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 KONAWE SELATAN
 Jln. Poros Lambody Jaya Ruko Tiga Blok H7 No 86 Rt.03/01 Tangerang banten
Telp. (0217) 8799767845 Email: Smknveforitjamansekarang@gmail.com
===================================================================

Lalembuu 13 November 2017

Nomor  : 099/SMKN4/SJ/VI/2017
Hal       : PEMBERITAHUAN

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua Wali Siswa Kelas XI
DI -
  Tempat

Dengan Hormat,

         Berdasarkan hasil rapat orang tua wali siswa kelas XI pada tanggal 12 November 2017 tentang pembiayaan ujian kompetensi dan ujian akhir Sekolah, perlu kami beritahukan bahwa biaya untuk Kegiatan tersebut adalah sebesar Rp. 100.000.000,- (Seratus Juta Rupiah). Ujian praktik akan di laksanakan pada tanggal 7 s.d 13 Desember 2017 dan uji tulis Kompetensi Nasional 15 Desember 2017. Demi kelancaran kegiatan tersebut kami mohon agar Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Siswa Kelas XI melunasi paling lambat tanggal 6 Desember 2017.

Demikian surat pemberitahuan ini kami buat. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.


Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMKN 4 Konsel

 
JAFAR ID MM.Pd
NIP. 78398374782998


Demikianlah panduan, penjelasan, serta Coontoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Resmi yang dapat saya berikan dalam panduan kali ini, meskipun terasa bosan rasanya untuk mengerjakanya tapi Alhamdulillah akhirnya selesai juga. Semoga dengan postingan saya kali ini dapat memberikan pencerahan bagi kalian yang sedang ingin membuat surat pemberitahuan.

Sebelum beranjak pergi meninggalkan halaman panduan ini saya saya sampaikan untuk terus berkunjung ke blog sederhana saya ini, karna akan ada postingan setiap harinya yang dapat kalian pelajari. Akhir kata Good Dada Babay

0 Response to "CONTOH SURAT PEMBERITAHUAN KEGIATAN RESMI DAN CARA MEMBUATNYA"

Post a Comment